Selasa, 31 Mei 2011

Kalah Dengan Internet

KALAH DENGAN INTERNET
Oleh: Dewi Wulansari (Sastra Inggris UNDIP)
Apa sich yang tidak bisa ditemukan dan dijawab oleh internet? Dari persoalan sederhana sampai yang rumit semua tersedia di internet, tinggal klik semua kebutuhan informasi maupun ilmu yang kita butuhkan sudah ada. Internet telah membentuk budaya praktis/instant di kalangan mahasiswa sebagai pengguna terdekat dan terbesar dari teknologi ini. Budaya instant ini akhirnya menggeser budaya research di kalangan mahasiswa dalam mencari informasi dan pengumpulan data-data. Padahal melalui penelitian, mahasiswa terjun langsung ke lapangan, mendekati sumber masalah dan menemukan pengalaman-pengalaman yang nantinya akan memperkaya khasanah keilmuan dan pengetahuan.
Tentunya akan berbeda jika informasi/pengetahuan yang diperoleh dari internet, mahasiswa hanya membaca saja tanpa disertai pengetahuan dan proses pembelajaran yang lebih dalam. Pengalaman di lapangan membuat mahasiswa kaya akan eksperimen dan kaya akan metode-metode. Yang nantinya sangat membantu mahasiswa untuk merumuskan persoalan-persoalan keilmuan maupun kehidupan. Sayangnya mahasiswa sekarang lebih memilih internet sebagai sarana untuk pengembangan keilmuannya yang praktis dibandingkan dengan penelitian yang membutuhkan pengkajian yang komprehensif, dan waktu yang lama.

Note: termuat dalam rubrik Argumentasi Kompas Kampus.dengan tema Kenapa Mahasiswa Malas Menjadi Peneliti...alhamdulillah dapat jaket Kompas...keren bo...he3..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar